informasikesehatan

Inilah 14 Makanan yang bikin Wajah Tampak Awet Muda

 Hayyumedia – Sejumlah makanan telah memiliki khasiat alami untuk membuat kulit wajah awet muda, yang menjadi dambaan hampir setiap orang.  Para peneliti bahkan menyimpulkan bahwa makan buah dan sayuran adalah cara paling aman dan sehat untuk memerangi kulit kusam dan garis halus, yang merupakan tanda-tanda penuaan.  Dikutif dari Kompas.com inilah makanan yang mengandung khasiat untuk wajah tampak awet muda :

 1. Selada air 

    Mengutip Healthline, selada air adalah sayuran hijau padat nutrisi yang menghidrasi dan mengandung: Kalsium Kalium Mangan Fosfor Vitamin A, C, K, B1, dan B2. Dengan kandungan nutrisi tersebut, selada air bertindak sebagai: Antiseptik kulit internal Meningkatkan sirkulasi dan pengiriman mineral ke semua sel tubuh, sehingga meningkatkan oksigenasi kulit. Dikemas dengan vitamin A dan C, antioksidan dalam selada air berguna untuk: Ada beberapa makanan yang pantang dikonsumsi ibu hamil, seperti beberapa seafood yang mengandung merkuri tinggi. Cek Fakta Menetralkan radikal bebas berbahaya Membantu menjaga garis-garis halus dan kerutan.

 2. Paprika merah 

    Mengutip Healthline, paprika merah memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang baik untuk produksi kolagen. Selain itu, paprika merah mengandung antioksidan tinggi yang disebut karotenoid. Karotenoid adalah pigmen tanaman yang bertanggung jawab atas warna merah, kuning, dan jingga terang yang kita lihat di banyak buah dan sayuran. Karotenoid memiliki berbagai sifat yang memberikan manfaat untuk awet muda, yaitu: Anti-inflamasi Membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, polusi, dan racun lingkungan.

 3. Pepaya

     Mengutip Healthline, pepaya kaya kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral, meliputi: Vitamin A, C, K, dan E Kalsium Kalium Magnesium Fosfor Vitamin B. Nutrisi tersebut dapat membantu untuk menghambat tanda-tanda penuaan, yaitu: Meningkatkan elastisitas kulit Meminimalkan munculnya garis-garis halus Menyamarkan kerutan. Sidat antioksidan yang dimiliki pepaya dapat membantu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas dan salah satu kunci untuk menunda tanda-tanda penuaan. Pepaya juga mengandung enzim yang disebut papain, yang memberikan manfaat untuk awet muda. Papain bekerja sebagai salah satu agen anti-inflamasi terbaik dari alam dan sering dijadikan kandungan zat di banyak produk exfoliating.

 4. Blueberry

     Mengutip Healthline, blueberry kaya akan vitamin A dan C, serta antioksidan anti- penuaan yang disebut anthocyanin. Anthocyanin yang memberi blueberry warna biru yang dalam dan indah. Antioksidan kuat dalam blueberry berfungsi untuk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, stres, dan polusi, dengan memoderasi respons peradangan dan mencegah hilangnya kolagen.

5. Brokoli

     Mengutip Healthline, brokoli adalah pembangkit anti-inflamasi, anti-penuaan yang dikemas dengan: Vitamin C dan K Berbagai antioksidan Serat Folat Lutein Kalsium Brokoli menyediakan cukup vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen, protein utama agar kulit awet muda yang kencang dan elastis.

 6. Bayam

     Mengutip Healthline, bayam adalah sayuran yang sangat menghidrasi dengan sifat antioksidan yang membantu mengoksidasi tubuh. Bayam juga kaya akan: Vitamin A, C, E, dan K Magnesium Zat besi hemoglobin nabati Lutein Kandungan vitamin C tinggi dari bayam meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi untuk menjaga kulit tetap kencang dan halus, sehingga wajah tampak awet muda. Sementara, vitamin A dalam bayam dapat meningkatkan kekuatan dan kilau rambut. Kemudian, kandungan vitamin K berfungsi untuk membantu mengurangi peradangan pada sel-sel tubuh.

 7. Kacang

     Mengutip Healthline, banyak jenis kacang-kacangan, terutama almond, merupakan sumber vitaman E yang dapat membantu wajah awet muda dengan cara: Membantu memperbaiki jaringan kulit Mempertahankan kelembapan kulit Melindungi kulit dari kerusakan sinar UV. Bahkan kenari mengandung efek anti-inflamasi dari asam lemak omega-3 yang dapat membantu: Memperkuat membran sel kulit Melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari Memberikan kulit cahaya yang indah dengan merawat penghalang minyak alami.

 8. Alpukat

     Mengutip Healthline, alpukat kaya akan asam lemak penangkal peradangan yang membuat kulit halus dan kenyal. Sehingga, memberikan efek untuk wajah awet muda. Alpukat juga mengandung berbagai nutrisi penting yang berpotensi mencegah efek negatif dari penuaan, termasuk: Vitamin K, C, E, dan A Vitamin B Kalium. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam alpukat dapat membantu melepaskan sel-sel kulit mati, membuat kita memiliki kulit yang cantik dan bercahaya. Kandungan karotenoid dalam alpukat juga dapat membantu: Memblokir racun dan kerusakan kulit akibat sinar matahari Membantu melindungi dari kanker kulit. Baca juga: Mengapa Gigitan Nyamuk Terasa Gatal di Kulit?

 9. Ubi jalar 

    Mengutip Healthline, warna jingga pada ubi jalar berasal dari antioksidan yang disebut beta karoten yang diubah menjadi vitamin A. Vitamin A berfungsi untuk memulihkan elastisitas kulit, meningkatkan pergantian sel kulit, dan pada akhirnya berkontribusi pada kulit yang lembut serta tampak awet muda. Ubi jala juga merupakan sumber vitamin C dan E yang baik. Keduanya dapat melindungi kulit kita dari radikal bebas yang berbahaya dan menjaga kulit kita tetap bercahaya.

 10. Delima

     Mengutip Healthline, delima telah digunakan selama berabad-abad sebagai buah obat penyembuhan. Delima tinggi vitamin C dan berbagai antioksidan kuat. Delima dapat melindungi tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas dan mengurangi tingkat peradangan dalam sistem tubuh. Buah sehat ini juga mengandung senyawa yang disebut punicalagins, yang dapat membantu menjaga kolagen di kulit dan memperlambat tanda-tanda penuaan. Baca juga: 8 Penyebab Gatal Tanpa Ruam pada Kulit, Bisa Jadi Gejala Kanker

 11. Cokelat hitam

     Mengutip Eating Well, biji kakao, bahan utama dalam cokelat hitam mengandung sifat aantioksidan yang berfungsi untuk: Mengurangi peradangan akibat paparan sinar UV Meningkatkan sirkulasi darah Membantu kulit mempertahankan kelembapan dengan lebih baik. Cokelat hitam juga kaya akan magnesium, nutrisi penangkal peradangan lainnya. Magnesium berfungsi untuk mengurangi stres dan meningkatkan durasi dan kualitas tidur, yang berperan dalam menjaga wajah kulit sehat awet muda. Namun, perlu memastikan kandungan gula tambahan dari cokelat hitam favoritmu karena terlalu banyak gula justru dapat merusak kulit. Penelitian dari Baylor University College of Medicine menunjukkan gula memiliki efek negatif pada serat kolagen dan dapat menyebabkan kulit tampak lebih kaku dan kurang elastis.

 12. Rempah-rempah 

    Mengutip Eating Well, rempah-rempah tertentu, seperti oregano, kayu manis, dan cengkeh, mengandung asam lipoat. Asam lipoat adalah senyawa yang bertindak sebagai antioksidan kuat dalam tubuh. Asam lipoat membantu merangsang produksi antioksidan di seluruh tubuh dan menghilangkan logam berat yang bertanggung jawab atas stres oksidatif. Asam lipoat secara alami ada di dalam tubuh, tetapi kita dapat meningkatkan kandungannya melalui asupan makanan tertentu, seperti rempah-rempah aromatik. Kunyit telah digunakan secara medis di banyak budaya selama berabad-abad untuk melawan dan mencegah peradangan kulit. Kulit Gatal Bisa Jadi Kanker, Kenali Gejalanya

 13. Kaldu tulang

     Mengutip Eating Well, kaldu tulang mengandung banyak kolagen untuk mendapatkan kulit yang lebih muda. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kaldu ayam dapat meningkatkan beberapa jenis kolagen kulit, dan juga menurunkan enzim yang memecah kolagen. Mengkonsumsi kolagen juga dapat membantu mengurangi kulit kering yang disebabkan oleh sinar matahari.

 14. Semangka 

    Mengutip Eating Well, semangka adalah salah satu makanan yang umum masuk dalam diet anti-penuaan. Semangka dikemas dengan vitamin A, C dan E, yang semuanya terbukti meningkatkan kesehatan kulit. Kemudian, antioksidan kuat seperti likopen, menjadikan semangka makanan utama untuk kulit awet muda. Semangka juga sangat mampu menghidrasi kulit, karena mengandung 92 persen air. Tetap terhidrasi sangat penting untuk menjaga kulit kita awet muda.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Pemblokir iklan terdeteksi

Tolong bantu kami dengan cara mematikan pemblokir iklan