blogtutorial

Cara mendapatkan backlink gratis mudah dan berkualitas

Hayyu media – Backlink adalah sebuah metode menyisipkan link url blog kita untuk di terapkan di situs website orang lain, hal ini bertujuan untuk memperluas jangkauan situs yang kita miliki agar mudah di cari atau di kenal oleh mesin pencari seperti google, bing, yandex dan lain-lain.
 {tocify} $title={Table of Contents}
Kegiatan ini tidak jauh dari metode SEO untuk blog atau website ini, meskipun mendapatkan sebuah backlink berkualitas kita harus sedikit mengeluarkan modal untuk mendapatkan backlink agar dapat di pasangkan di situs orang lain, namun tidak sedikit pula cara untuk menanam backlink berkualitas dengan cara gratis, ikuti langkah berikut cara untuk mendapatkan backlink gratis.

Apa itu backlink ?

Backlink adalah sebuah link yang dipasang pada suatu blog/website yang mengarah ke halaman blog/website Anda. Kegiatan membangun backlink disebut juga link building. Terdapat juga istilah external link dan inbound link. Jadi ada pemberi backlink dan penerima backlink. Anda adalah pemberi backlink ketika meletakkan link website atau blog orang lain di website Anda. Penerima backlink adalah website yang mendapatkan link dari pemberi backlink.
Cukup sederhana, bukan? Meskipun terlihat sederhana, backlink juga memegang peranan penting dalam kesuksesan website atau blog Anda.

Mengapa Backlink Itu Penting?

Setelah memahami apa itu backlink, kini saatnya untuk mempelajari mengapa backlink itu penting. Apa manfaat yang bisa didapatkan dari backlink dan mengapa Anda juga harus memanfaatkannya.
Berikut adalah beberapa alasan mengapa backlink itu penting:

Google Menemukan Website Anda Melalui Backlink

Penjelasan termudah di balik pertanyaan “Mengapa backlink penting?” adalah itulah cara Google menemukan halaman baru untuk ditampilkan di hasil pencariannya. Mesin pencari Google akan selalu melakukan crawling untuk menemukan halaman yang paling relevan dengan kata kunci tertentu.
Seperti ketika manusia menggunakan peta untuk menemukan lokasi-lokasi baru, mesin pencari Google menggunakan backlink untuk menemukan halaman baru, melakukan crawling di halaman tersebut, untuk kemudian memasukkannya ke indeks Google.
Coba pikirkan hal ini. Anda akan lebih mudah menemukan lokasi baru yang terhubung dengan lokasi lainnya, bukan? Lokasi terpencil yang tidak terhubung dengan lokasi lainnya akan lebih sulit ditemukan. Begitu juga dengan halaman website. Halaman website yang tidak mendapatkan backlink dari website lainnya akan sulit ditemukan oleh Google.
Semakin banyak backlink yang Anda dapatkan, semakin mudah Google menemukan halaman website Anda. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan kualitas backlink. Anda tidak bisa asal-asalan dalam mencari backlink. Sebab backlink tidak berkualitas bisa jadi malah merugikan website Anda.

Backlink Berguna untuk Menjaga Reputasi di Google

Ketika orang mencari sebuah kata kunci di Google, Google akan berusaha untuk memberikan hasil pencarian terbaik untuk si pencari. Google tentu akan mengarahkan pencarian pada halaman-halaman website yang populer. Bagaimana Google menilai sebuah halaman website populer atau tidak? Ya, benar. Google menggunakan backlink sebagai indikator popularitas sebuah halaman website. Semakin banyak backlink berkualitas mengarah ke website Anda, semakin baik reputasi website Anda di penilaian Google.

Backlink Relevan Meningkatkan Kredibilitas Website

Sebelumnya sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa backlink menjadi indikator penting dalam menentukan popularitas sebuah halaman website di Google. Namun, Google tidak hanya menilai backlink dari kuantitasnya saja. Google juga menilai backlink di website Anda berdasarkan relevansinya.
Apa yang dimaksud dengan backlink yang relevan? Backlink yang relevan adalah backlink yang didapatkan dari website atau blog dari niche yang relevan. Misalnya, sebuah perusahaan smartphone dikatakan memiliki backlink relevan ketika mereka mendapatkan backlink dari website atau blog yang niche-nya adalah teknologi. Dengan begitu perusahaan smartphone tersebut bisa dianggap kredibel oleh Google.
Apa yang terjadi ketika perusahaan smartphone tersebut mendapatkan backlink dari website atau blog kecantikan, fashion, atau bahkan blog furnitur? Tentu Google akan mempertanyakan kredibilitas website perusahaan smartphone tersebut, apakah perusahaan tersebut cukup kredibel untuk industri smartphone dan teknologi?

Backlink Mendatangkan Trafik ke Website

Di poin sebelumnya sudah dijelaskan bahwa backlink dapat membantu website untuk lebih mudah ditemukan oleh Google sehingga bisa muncul di hasil pencarian. Semakin banyak backlink berkualitas yang didapatkan, semakin bagus juga penilaian Google terhadap website Anda. Kemudian halaman website Anda bisa mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian.
Selain trafik yang Anda dapatkan dari hasil pencarian Google, backlink juga mendatangkan trafik dari link yang ditanam di website pemberi backlink. Apalagi jika website pemberi backlink tersebut sudah memiliki reputasi bagus di Google dan mendapatkan banyak trafik. Trafik yang didapatkan dari website pemberi backlink tersebut juga akan mengarah ke website Anda.

Cara mendapatkan backlink gratis

Cara mendapatkan backlink gratis sebenarnya cukup mudah dan berikut ini langkah-langkah untuk mendapatkan backlink gratis :

1. Lakukan guest post pada website lain

Guest post adalah metode menulis sebuah artikel di blog website orang lain, dengan tujuan untuk menanamkan link blog kita di dalam artikel yang kita tulis, secara tidak langkah metode ini sebenarnya sama sama menguntungkan bagi penulis dan yang punya website. Cara ini sudah banyak di gunakan oleh banyak blogger untuk mendapatkan backlink gratis.

2. Komentar di blog orang lain

Kedua cara mendapatkan backlink gratis adalah dengan cara menulis komentar di blog orang lain, dengan cara seperti ini sebenarnya hampir sama dengan cara guest post namun tidak lebih bagus dari guest post.

3. Menyisipkan link di profil media sosial

Cara ini sederhana sekali, kamu hanya harus menyisi link url di sosial media kalian, baik itu facebook, instagram, twitter, dan lain lain. 

Penutup

Sebenarnya masih banyak lagi cara-cara untuk mendapatkan backlink gratis, namun 3 hal tadi adalah hal2 dasar untuk mendapatkan backlink gratis dengan cara mudah dan berkualitas, selamat mencoba dan semoga situs blog kalian berkembang.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Pemblokir iklan terdeteksi

Tolong bantu kami dengan cara mematikan pemblokir iklan