Cara install XAMPP di windows cara termudah


HayyuMedia - Cara install XAMPP dengan sangat mudah untuk pemula. Aplikasi yang satu ini menjadi salah satu apikasi yang bayak digunakan oleh developer website untuk menjalankan situs website yang di buat sebelum di pulish secara online.

Apa itu XAMPP ?

XAMPP adalah sebuah paket perangkat lunak (software) komputer yang sistem penamaannya diambil dari akronim kata Apache, MySQL (dulu) / MariaDB (sekarang), PHP, dan Perl. Sementara imbuhan huruf “X” yang terdapat pada awal kata berasal dari istilah cross platform sebagai simbol bahwa aplikasi ini bisa dijalankan di empat sistem operasi berbeda, seperti OS Linux, OS Windows, Mac OS, dan juga Solaris.

Sejarah mencatat, software XAMPP pertama kali dikembangkan oleh tim proyek bernama Apache Friends dan sampai saat ini sudah masuk dalam rilis versi 7.3.9 yang bisa didapatkan secara gratis dengan label GNU (General Public License).

Cara install XAMPP

Ada beberapa tahan untuk menginstal XAMPP di laptop kamu, berikut ini cara install XAMPP dengan sangat mudah untuk kamu yang pemula.

1. Download xampp

Pertama download terlebih dahulu XAMPP nya di situs resmi nya di link berikut www.apachefriends.org/download.html tampilan website nya seperti berikut ini : 


Download XAMPP seperti gambar di atas karna versi php 74 banyak di gunakan oleh aplikasi situs website sehingga bisa mendukum banyak aplikasi atau website yang ingin di dijalankan di xampp kamu nanti nya.

Setelah download berhasil selanjutnya ikuti langkah berikut ini untuk konfigurasi nya.

2. Install XAMPP

1. Lakukan instalasi setelah Anda selesai mengunduh. Selama proses instalasi mungkin Anda akan melihat pesan yang menanyakan apakah Anda yakin akan menginstalnya. Silakan tekan Yes untuk melanjutkan instalasi.

2. Klik tombol Next.


3. Pada tampilan selanjutnya akan muncul pilihan mengenai komponen mana dari XAMPP yang ingin dan tidak ingin Anda instal. Beberapa pilihan seperti Apache dan PHP adalah bagian penting untuk menjalankan website dan akan otomatis diinstal. Silakan centang MySQL dan phpMyAdmin, untuk pilihan lainnya biarkan saja.


4. Berikutnya silakan pilih folder tujuan dimana XAMPP ingin Anda instal. Contohnya di direktori C:\xampp.


5. Pada halaman selanjutnya, akan ada pilihan apakah Anda ingin menginstal Bitnami untuk XAMPP, dimana nantinya dapat Anda gunakan untuk install WordPress, Drupal, dan Joomla secara otomatis.


6. Pada langkah ini proses instalasi XAMPP akan dimulai. Silakan klik tombol Next.


7. Setelah berhasil diinstal, akan muncul notifikasi untuk langsung menjalankan control panel. Silakan klik Finish.


3. Jalankan XAMPP

Silakan buka aplikasi XAMPP kemudian klik tombol Start pada Apache dan MySQL. Jika berhasil dijalankan, Apache dan MySQL akan berwarna hijau seperti gambar di bawah ini.


Untuk melakukan pengecekan, silakan akses link berikut melalui browser Anda http://localhost.

Mudah sekali bukan cara install xampp

Itu tadi cara install xampp untuk kamu yang belum pernah install xampp mudah sekali bukan, jika ada pertanyaan silahkan komentar di bawah ini, Terimakasih telah mempir
Admin

Life is simple

Posting Komentar

Terima kasih telah berkujung, silahkan tinggalkan comment nya

Lebih baru Lebih lama
Promo Anniversary ke-8