guest postinformasi

Beginilah cara kerja pengelolahan limbah untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan


Sebelumnya, Kita sudah membahas pengolahan limbah yang banyak terdapat di gedung gedung bertingkat, baik itu perkantoran, pusat perbelanjaan bahkan di rumah sakit, secara lengkap dan padat.
Dalam kesempatan ini kita akan membahas,pengolahan limbah cair yang terdapat di pabrik pabrik yang notabene nya mengeluarkan limbah limbah berat, yang perlu juga kita perhatikan sebagai masyarakat,,,

Yaa,, Sangat perlu, bahkan harus kita perhatikan,, Sebagai masyarakat, kita terlalu banyak abai terhadap lingkungan sekitar,,
Pastinya kita bertanggung jawab terhadap anak cucu kita kelak, jangan sampai anak cucu kita tidak bisa melihat jernihnya sungai di sekitar..

Mungkin di antara kita ada yang rumahnya dekat dengan kawasan industri,Yang pastinya yang sama sama kita tau,itu adalah suatu kawasan yang di dalamnya ada banyak terdapat pabrik pabrik yang tentu saja akan menghasilkan limbah..

Limbah pabrik,adalah limbah yang bisa di kategorikan limbah berat atau dengan kata lainnya ialah limbah berbahaya jika langsung di salurkan ke saluran kota,pengolahannya pun lebih panjang bila di bandingkan pengolahan limbah yang terdapat di gedung gedung.

Bila kemarin, Kita membahas proses pengolahan limbah yang banyak di pakai di Gedung Gedung,di situ kita mengenal istilah sumpit, equalizing, aerasi,sedimentasi dan efluent..

Maka sekarang kita garis bawahi bak atau tanki yang sangat penting dalam pengolahan limbah industri cair.

Gambar di atas adalah aerasi tank,

Baik pengolahan limbah di gedung atau pun pengolahan limbah industri, bak aerasi di pastikan ada dalam pengolahan limbah cair industri, tentu saja pengolahan limbah dalam metode bakteri, yang sekarang banyak di adopsi dalam pengolahan limbah, karena di klaim efektif dan murah.

Hanya saja yang membedakan adalah besar bak aerasi dan lokasi bak aerasi itu sendiri, biasanya kalau di gedung gedung berlokasi di basement atau area tertutup lainnya. Bila sobat membaca artikel yang lalu yaitu pengolahahan limbah yang banyak di gunakan di gedung (https://www.idaylummm.com/2022/01/sistem-pengolahan-limbah-yang-paling.html) maka akan tau apa yang di tanam atau di biakkan di bak aerasi tersebut.

Dalam pengolahan limbah industri, ada satu tanki yang tidak dapat kita temui, yaitu tanki anaerob, tanki anaerob adalah tangki yang strukturnya tertutup atau bisa di bilang minim udara sebagai tempat dari bakteri anaerob,yang alurnya dalam proses pengolahan limbah ialah tepat sebelum bak aerasi..

Jika bak aerasi mengunakan bakteri aerob,yaitu bakteri yang perlu asupan oksigen untuk mengurai limbah,

Sedangkan anaerob,ialah kebalikan dari aerob, bakteri ini minim memerlukan oksigen dalam proses penguraiannya.

Dengan kolaborasi kedua sistem tersebut, yaitu sistem aerob an aerob dapat di pastikan pengolahan limbah cair akan semakin maksimal,, dan di harapkan tidak mencemari lingkungan sekitar, dan linkungan kita akan selalu hijau dan asri. 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button

Pemblokir iklan terdeteksi

Tolong bantu kami dengan cara mematikan pemblokir iklan