Hantu Laut Dalam Bagian 1

 1. Cumi - Cumi Vampir


Hewan ini hidup jauh di dasar laut. Meskipun dijuluki cumi-cumi vampir, tapi ia tidak mengisap darah, lo! Makanan utamanya adalah hewan-hewan kecil di laut bagian dalam. 

Hewan unik ini, pertama kali ditemukan pada tahun 1903. Dalam bahasa latin, cumi-cumi vampir memiliki nama Vampyroteuthis infernalis. Artinya adalah cumi-cumi vampir dari neraka. Wah, terdengar menyeramkan, ya!


2. Anglerfish


Anglerfish, hewan yang dikenal sebagai ikan iblis tersebut diketahui memiliki proses perkawinan yang terbilang ekstrem. Disebut sebagai ikan iblis karena bentuknya yang buruk yang menyerupai kentang bertaring dengan lampu kecil di atasnya, namun itu hanya untuk si betina

Jika Anda belum pernah melihat anglerfish jantan sebelumnya, Anda tidak akan merasa telah melewatkan banyak hal.


3. Hatchetfish


ikan ini bernama hatchetfish. Namun, orang-orang memanggilnya ikan hantu karena wajahnya yang cukup menyeramkan.

Laut Dalam

Hatchetfish hidup di laut dalam yang gelap. Hatchetfish bisa ditemukan di kedalaman 180 meter hingga 1.370 meter. Di tempat yang seperti itu, hatchethfish hanya makan hewan-hewan kecil, salah satunya adalah copepoda. Karena tinggal di laut dalam, tubuh hatchetfish bisa mengeluarkan cahaya, lo!


4. Elephant Shark


Elephant Shark di identifikasilan oleh para ilmuwan sebagai jenis ikan hiu yang hidup di kedalaman 182 meter di bawah permukaan laut. Hiu ini diketahui paling lama mengalami evolusi, diperkirakan dalam 400 tahun bentuknya tidak mengalami perubahan. Hiu ini diidentifikasikan hanya memiliki panjang hingga 1,5 meter saja dan hidup di laut dalam dan memiliki tampilan unik sekaligus mengerikan yang menjadi ciri khas ikan predator laut dalam.


5. Stargazer



 merupakan ikan bawah air yang termasuk famili Uranoscopidae dari ikan perciform yang memiliki mata di atas kepala mereka. Ikan ini ternyata sangat sulit ditemukan karena kebisaannya yang suka menyembunyikan diri di dalam pasir hingga wujudnya tersamarkan.

Famili ini mencakup sekitar 51 spesies (satu spesies sudah punah) dalam delapan generasi yang semuanya merupakan satwa laut. Ikan Stargazer dapat ditemukan di seluruh dunia di perairan asin, baik dangkal maupun dalam.

Wajahnya yang cukup seram terlihat seperti muka manusia, sangat aneh tapi unik. Sirip punggung dan duburnya relatif panjang. Selain mata yang terpasang di atas, stargazer juga memiliki mulut besar yang menghadap ke atas dengan kepala besar. Kebiasaan mereka adalah mengubur diri mereka di pasir, dan melompat ke atas untuk menyergap mangsa yang lewat di atas kepala.

Beberapa dari mereka memiliki pemancing yang tampak seperti cacing tumbuh dari lantai mulut mereka. Pemancing tersebut mereka goyangkan untuk menarik perhatian mangsanya. Ikan-ikan kecil dan makhluk-makhluk invertebrata laut sering menjadi mangsa favorit ikan stargazer.

0 Komentar

Terima kasih telah berkujung, silahkan tinggalkan comment nya

Posting Komentar

Terima kasih telah berkujung, silahkan tinggalkan comment nya

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama